Kamis, 18 Oktober 2012

Selamat Hari Listrik Nasional, Teruslah bersinar Terang Indonesiaku

  No comments    
categories: 

"Terang tidak akan disebut terang, bila kita tidak mengenal gelap" (Kurnia, 2012)



Seiring berjalannya waktu, di tahun 2012 ini, listrik berubah menjadi hal yang vital dalam kehidupan peradaban manusia. Hampir segala aspek kehidupan kita bersinggungan dengan peranan listrik. Dari memasak, mandi, sampai urusan bersosialisasi. Dan keakraban yang terjalin antara kita dengan listrik tidak bisa di hindari.

Sebagai orang yang hidup di Indonesia, PLN merupakan satu satunya pemasok listrik untuk kebutuhan seluruh negri ini, dari kota kota besar sampai pulau pulau terpencil. Tidak ayal saat kita dipaksa hidup tanpa aliran listrik dari PLN, hidup terasa hampa.


Karimunjawa, Juli 2010
Saya pun pernah mengalaminya, saat liburan ke pulau Karimunjawa selama 5 hari, saya dan teman teman harus benar benar memutar otak untuk dapat memanfaatkakan listrik yang ada. Listrik di pulau ini hanya nyala dari jam 17.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB. It's means ketika fajar menyingsih aliran listrik dari PLN serta merta terhenti, saya pun tidak tau alasanya apa. Padahal di pagi hari kami harus mandi, makan, men-carge kamera dll untuk persiapan snorkling. Hari hari pertama kami serombongan sering complain, dimana air yang tersedia di bak sangat minim dan kita semua butuh mandi, dan saat air habis, kran tidak mengalirkan air, karena sumber listrik tidak ada, otomatis kita harus berbagai air. Saat sore menjelang malam, kita pulang dari acara bersnokling ria, kecapakan dan lupa mencarger peralatan elektronik, dan dipagi hari kita bangun dengan perasaan "yaa ampun". Itulah kami serombongan, manusia yang dibesarkan dengan listrik yang bergelimangan di daerah asal kami, Solo.

Sedangkan mereka penghuni pulau Karimunjawa, mereka tidak compalin apapun, mereka sudah terbiasa dan bisa menghandle masalah jam aliran listrik dengan sangat bijaksana. Semua di persiapakan dengan sangat matang di malam harinya. Well, saya merasa tertampar.

Menjelang peringatan Hari Listrik Nasional, yang jatuh pada tanggal 27 Oktober, saya ingin menyampaikan beberapa harapan saya untuk PLN selaku satu satunya penyedia layanan listrik di Indonesia.

1. Kemudahan pemasangan instalasi baru
Listrik sekarang sudah merangsak naik menjadi kebutuhan vital banyak orang, sehingga kemudahan pemasangan istalasi baru sangatlah diperlukan. Baik dalam memperoleh informasi, pelayanan, serta pemasangan.
2. After Service
Banyak masyarakat yang awam tentang perlistrikan, termasuk saya. Jika ada sesuatu terjadi, misal listrik rumah saya mati tetapi listrik rumah tenagga nyala padahal dalam satu aliran, diharapkan PLN bisa dengan sigap mengatasi keluhan tersebut.
3. Sosialisasi produk baru
Seiring berjalannya waktu PLN pun berinofasi mengahdirkan produk baru yang lebih inovatif dari produk sebelumnya, seperti listrik prabayar yang mengunkan pulsa. Seperti mengisi pulsa di handphone, kita bisa membeli voucher pulsa listrik di Atm, minimarket dll, sangat mudah kan.Tapi kemudahan itu akan menjadi sulit bila kurangnya informasi dan sosialisasi.
4. Pemerataan jangkauan aliran listrik
Hal ini pula yang saya rasakan ketika di pulau Karimunjawa, alangkah lebih baiknya bila masyarakat di tempat lain juga dapat merasakan listrik 24 jam dan jarang sekali terjadi pemadaman seperti yang sehari hari saya alami.


Well, itulah sekelumit harapan saya menjelang Hari Listrik Nasional, apapun yang ada di dunia ini terlahir dengan dua sisi, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Overall selama 22 tahun hidup, saya puas dengan pelayanan PLN, hidup saya menjadi lebih mudah dengan adanya listrik. Postingan inipun tidak akan bisa terbit tanpa adanya listrik. 

Selamat Hari Listrik Nasional, teruslah bersinar terang Indonesiaku.

0 komentar:

Posting Komentar