Selasa, 27 November 2012

Beach Camp :: menggagahi pantai Sondak, Pok Tunggal & Siung

“Our memories of the ocean will linger on, long after our footprints in the sand are gone.”
 (My Mom, 52 Th)

Full Team, Solo, Jakarta, Surabaya (minus saya dan nyit2 yang lagi mandi)

Tidak tau sejak kapan saya mulai jatuh cinta dengan pantai dan laut, mungkin trip ke Karimunjawa tahun 2010 silam merupakan trigger point untuk saya, menegaskan betapa saya merindu suara deburan ombak, dan sapuan halus pasir pantai di kaki saya.

That's why, ketika ada tawaran beach camp, saya ngga berfikir panjang untuk mengiyakan. Dan yang special, trip kali ini ngga hanya ada para travel-mates dari Solo, tapi ada juga temen-temen dari Jakarta dan Surabaya, semacam squad Sempu reunion.

Kesibukan yang bermacam-macam membuat saya dan teman-teman dari Solo harus berangkat dalam 2 kloter. Kloter sore dan malam. Kloter sore ada 4 orang dengan 2 motor and I'm one of them. Kita berempat bersepakat berangkat jam 2, tapi karena saya ngaret, we just strated the trip at 3pm.
Kali ini kita memilih rute Solo – Sukoharjo – Wonogiri  - Wuryantoro – Eromoko – Pracimantoro - Wonosari.

Sebetulnya meeting point dengan Mbak Titi dan the gank di pantai sondak, tapi teman saya Reza "bebek" is dying to see sunset di pantai Pok Tunggal, akhirnya kita belok kompas menuju pantai Pok Tunggal dulu baru kemudian ke pantai Sondak. And the good news is, kita cuma berhasil menangkap sunset di pantai Pok Tunggal sekitar 5 menit.

Menjelang gelap, kita sampai di pantai Sondak, teman-teman dari Jakarta dan Surabaya sudah berkumpul, glad to see them again. Ngga ada acara yang pasti, kita cuma mendirikan tenda, masak, dan ngobrol. FYI : karena pantai sondak sudah bukan pantai "perawan", kita tidak terlalu kesulitan, banyak warung-warung di sekitar tempat kita ngecam, untuk urusan ke belakang dan sholat, semua tersedia. Jadi ini semacam piknik lahhh.

There is a special moment I think, Indrawan (Surabaya) berulang tahun tepat di saat kita ngecamp. Mbak Titi, sesepuhnya bacpacker tenyata sudah menyiapkan sepotong Red Valet. Acara selanjutnya tiup lilin, colet coletan kue dan menceburkan Indrawan ke laut di malam hari.

Hidup terasa super selowww

Tidur beralaskan pasir, beratap langi dengan deburan ombak. NAGIH !

Ngga tau kenapa, acara liburan selalu berasa cepat, baru juga ngobrol sebentar dengan Citra dkk, pagi sudah menjelang. Rombongan Jakarta dan Surabaya siap-siap mengejar kereta ke kotanya masing-masing setelah  hari sebelumnya caving di gua pindul di lanjut ngecam.

Bujuk rayuan manis kami tidak berhasil membendung kepulangan mereka, yes it's time to say goodbye see you soon in another trip.

Para squad dari Solo pun melanjutkan menggagahi beberapa pantai di Wonosari yang searah dengan kepulangan kita.

Pantai Pok Tunggal
Petunjuk Jalan yang seadanya

Pantai pok tunggal menjadi destinasi berikutnya, pantai yang indah dan lumayan masih "perawan". Tapi akses menuju pantai ini amat sangat memprihatinkan, jalan yang sempit dan terjal. Petunjuk pantainya pun juga hanya seadanya.

Pantai Siung
Pantai Siung, disini kami numpang shoat, makan dan leyeh-leyeh. Fasilitas di pantai ini cukup legkap, hampir menyerupai pantai sondak. Pantai ini di apit dua bukit di sebelah kanan dan kiri. Bukitnya cukup tinggi tetapi tidak terlalu terjal, view dari atas bukit, juwara (menurut saya), baik itu di bukit sebelah kanan maupun kiri.

Bukit di sebelah kiri

View dari bukit sebelah kiri

bukit sebelah kanan

Teman saya, Galih 22 th, lagi menggalau tentang kehidupan cintanya

Pemandangan dari bukit sebelah kanan

Rasanya tidak ada kata cukup untuk liburan, ini seperti candu yang membuat penikmatnya teradiksi.