Selasa, 15 Oktober 2013

Aku & Kosmetik Halal, I think I'm ready to go from Sunday till Monday.

  13 comments    
categories: 


Bonjur Belle !!


Sebagai wanita, kadang gue suka ngga kuat iman dengan gempuran make up baru yang selalu memborbadir di media cetak maupun elektronik, dari make up lokal sampai make up impor dari benua seberang. Selain bikin bingung milihnya, bikin pusing dompet juga. Jadi sebagai wanita kita di harapkan bisa memilah dan memilih sesuai kebutuhan.

Lalu hal apa saja yang harus masuk kriteria dalam pemilihan kosmetik. Well, banyak faktor, pasti nilai pertimbangan setiap orang berbeda, jadi gue ngga bisa mengeneralisasi. Tapi kalo untuk gue pribadi harus memenuhi 3 unsur ::

1. HALAL
Lah ini kan kosmetik, bukanya halal cuma buat makanan?. Memang definisi halal adalah segala sesuatu yang di perbolehkan oleh syariah untuk dikonsumsi, terutama dalam hal makanan dan minuman (1). Tapi menurut gue pribadi, halal bukan cuma perkara makan dan minum. Beragam faktor yang mempengaruhi halal - haramnya suatu zat / benda :

a. Halal zatnya
Makanan yang halal menurut zatnya adalah makanan yang dari dasarnya halal untuk di konsumsi. Dan telah di tetapkan kehalalannya dalam kitab suci al-qur’an dan al-hadist. Centoh makanan yang halal atas zatnya adalah daging sapi, ayam, kambing, buah-buahan seperti apel, kurma, anggur, Dan lain sebagainya (1).
b. Halal cara memperolenya
Yaitu makanan yang di peroleh dengan cara yang baik dan sah, Makanan akan menjadi haram apabila cara memperolehnya dengan jalan yang batil karena itu bisa merugikan orang lain dan dilarang oleh syariat. Contoh dari cara memperoleh yang baik adalah dengan cara membeli, bertani, hadiah, dan lain sebagainya. Adapun dari makanan yang diperoleh dari makanan yang batil adalah dengan cara mencuri, merampok, menyamun, dan lain sebagainya (1).
c. Halal cara pengolahanya
Yaitu makanan yang semula halal dan akan menjadi haram apabila cara pengolahanya tidak sesuai dengan syariat agama. Banyak sekali makanan yang asalnya halal tetapi karena pengolahanya yang tidak benar menyebabkan makanan itu mmenjadi haram. Contohnya anggur, makanan ini halal tetapi karena telah diolah menjadi minuman keras maka minuman ini menjadi haram (1).


Jadi kalo boleh gue jabarin pendapat gue, kosmetik yang kita gunakan hendaknya bebas dari zat-zat yang haram (semisal unsur babi, anjing dll). Kosmetik yang kita pakai di beli pake duit keringat sendiri, duit minta ortu, duit THR, terserahlah asal bukan duit hasil korupsi, jambret, judi bola dan segalamacam duit haram lainnya. Terakhir, kita harus memastikan kosmetik tersebut diproduksi tanpa bersingungan dengan zat-zat yang haram (semisal unsur babi, anjing dll), agak susah sih point yang ketiga ini. Rasanya ngga mungkin kita inspeksi satu persatu pabrik kosmetik yang mau kita pakai.
Jadi menurut hemat gue memilih kosmetik dan skin care harus jeli mencari kosmetik yang halal dan tidak mengandung zat berbahaya. Untuk menjaga ke amanan setiap produk kosmetik dan perawatan harus lolos tes keamanan di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta bersertifikasi halal untuk keamanan tidak menggunakan bahan-bahan terlarang (haram). Produk andalan gue yang udah jelas lolos BPOM dan punya label halal adalah kosmetik dan skin care dari Wardah. Ngga susah kan cari produk halal, because halal is my life.

2. COCOK
Banyak side effect yang bisa terjadi kalo kita tidak cocok dengan produk yang kita gunakan, entah itu skin care maupun produk dekoratif. Gue pribadi punya kulit wajah yang acne pore, sekali ngga cocok dengan sebuah produk gue bakal langsung breakout. Setelah gue kepo ternyata produk wardah:
  • Tidak mengandung Hydroquinon
  • Tidak mengandung merkuri
  • Lembut
  • Diformulasikan secara tepat sesuai dengan jenis kulit wanita Indonesia dan bebas bahan kimia berbahaya

Panteslah waktu acara wisuda gue di tahun 2011 gue pake make up dekoratif dari wardah dan muka gue aman terkendali.

3. Ramah di Kantong
Nah ini dia poin terakhir, bukan cuma halal, ramah di kulit tapi produk ini juga harus ramah di kantong. Untungnya range harga produk dari wardah sangat terjangkau jadi ngga ada deh cerita pusing-pusing mikir dompet isinya cuma bon kwitansi pembelian kosmetik. Selain itu Wardah adalah produksi dalam negri, jadi kita juga ikut support program pemerintah kalau bukan kita siapa yang bakal support produksi dalam negri. 

Setelah 3 point tadi terpenuhi mulailah gue hunting produk-produk yang gue pakai buat sehari-hari (baca: kerja). Karena kerjaan gue kentemu pasien di rumah sakit it's kind weird if I put to much make up, tapi kalo sampe lusuh pasien juga risih. Jadi  inilah produk-produk yang gue pakai buat sehari-hari :

1. Wardah Ligtening Day Cream Step 1
Lightening Day Cream Step 1 merupakan krim siang yang mengandung vitamin B3, Licorice yang membantu proses pencerahan kulit dan membuat wajah tampil lebih putih. 'Lightening Day Cream' juga berfungsi untuk melembabkan berkat kandungan ekstrak lumput lau dan allantoin.  Kandungan yang penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas flek hitam adalah kandungan AHA. Selain memperlambat proses pigmentasi pada kulit, AHA juga dapat mempercepat regenerasi kulit. UVA dan UVB yang terkandung dapat menjaga kulit dari sinar matahari (2). 

2. Wardah Lightening Night Cream Step 1
Ligtening night cream merupakan pelembab yang menutrisi kulit sekaligus membantu mencerahkan kulit dengan 3 langkah. Pertama regenerasi sel : Glycolic Acid (AHA), membantu mempercepat pelepasan sel kulit mati. Kedua merawat & melembabkan : Kandungan ekstrak rumput laut membantu menyerap kelebihan minyak di kulit, Allantoin yang melembabkan, serta Vitamin E & C sebagai antioksidan. Ketiga mencerahkan dari dalam : Ekstrak Licorice, Vitamin B3, serta 'active white complex' yang mengandung 7 bahan aktif, bersinergi membantu proses pencerahan kulit (2).
3. Exclusive Lipstick 
Lipstick dengan pelembab ekstra : Olive oil, Jojoba oil, Vitamin E. Hadir dalam 20 pilihan warna. Gue juga pernah review lipstik ini kok di blog ini.
4. Eyeshadow
Eyeshadow 3 in 1 yang hadir dalam 14 pilihan warna. Ready to brighting up your eyes.
5. Soft scrub Zaitun
Butiran scurb yang lembut, membersihkan sekaligus melembabkan kulit tubuh.



Tutorial Senin - Selasa

Buat gue senin adalah hari paling malas sedunia. Setelah menikmati nikmatnya liburan rasanya gue super ogah untuk berangkat ngantor. Tapi apa daya, kemalasan harus di binasahkan. Karena di hari senin biasanya jalanan ke kantor jadi jauh lebih padat. Gue selalu tampil simpel di hari senin - selasa. 
1. Gue pakai Wardah Ligtening Day Cream Step 1 yang akan melindungi gue dari pengaruh buruk sinar matahari dan melembabkan wajah.
2. Pulaskan bedak
3. Pulaskan lipstick
4. Pakai kontak lens (buat yang lebih demen pakai kaca mata atau punya mata normal bisa di skip)
5. Pulaskan blush on, biasanya gue pake Eyeshadow wardah warna pink untuk blush on :p




Tutorial Rabu - Kamis
Masa kemalasan telah berlalu, di hari Rabu - Kamis gue selalu menyempatkan diri untuk merias kelopak mata gue supaya lebih hidup




Jumat
Yes! bau weekend sudah tercium, semangat gue buat dandan jadi semakin menggebu. Di hari jumat, gue kadang suka kecentilan pake fake flashes



Sabtu & Minggu
Happy weekend everybody. Its time to relax and give your body extra treatmen. Soft scrub zaitun selalau jadi primadona

Well ternyata tanpa gue sadari, kebiasaan gue nular ke Ibu, adek, sepupu bahkan temen kantor. Ilmu gue emang masih seupil tapi ngga jarang gue sering dimintai pertimbangan dalam hal memilih skincare maupun produk kosmetik. Gue seneng orang di sekitar gue mulai memperhatikan penampilan, bukan untuk pamer, sombong atau takabur menjadi yang paling cantik. Tapi sudah menjadi tugas kita untuk menjaga apa yang telah Allah karuniakan kepada kita. Cantik itu bukan hanya dari hati atau fisik semata, cantik adalah gabungan dari hati yang baik dan tubuh yang terawat. Karena sesungguhnya Allah SWT itu Maha Indah dan menyukai keindahan (3).

Adek ::
Ini adek gue satu satunya. Dia sih lelaki tulen, tapi ngga berarti karena laki dia jadi jorok. Dulu tiap habis futsal dia ngga sengaja ngosok-ngosok tangan nya selalu muncul daki-daki item, dari situ gue suruh nyoba wardah olive soft scrub, awalnya dia ogah karena biasanya scrub itu baunya wangi, khas cewek. Ternya yang ini baunya seger. Alhasil dia jadi demen pake wardah olive soft scrub setiap sebualan sekali, sesuai dengan rentang waktu regenerasi kulit manusia yang berkisar selama 28 hari.

Mbak Yuli ::
Ini kakak sepupu gue beberapa tahun lebih tua dari gue, kita tingal di kota yang berbeda. Dulu jaman dia kerja di Surabaya dia punya lipstisk favorite keluaran luar negri dan selalau repurcase selama lebih dari 5 tahun. Saat sepupu gue memutuskan untuk pulang ke Magetan, sebuah kota kecil di kaki gunung lawu, dia pusing bukan kepalang di Magetan (bahkan Solo) ngga tersedia counter lipstik langganan dia dulu. Akhirnya gue kasih saran buat nyoba wardah matte lipstick. Fortunately, she love it so much. Kata dia "ngga nyangka ada lipstik harga murah dengan kualitas begini, halal lagi".


Tips & Trick
1. Kadang gue juga mengaplikasikan Wardah Wardah Ligtening Day Cream & Night Cream di punggung tangan. Jadi walaupun kemana-mana gue naik motor ngga ada istilah tangan belang.
2. Gue suka pake eyeshadow sebagai blush on, karena eyesahdow wardah yang gue punya warnanya soft, ngga terlalu banyak shimer (satin finish) dan cocok dengan tune warna kulit gue.
3. Gue juga biasa mengaplikasikan wardah soft scrub untuk wajah, karena emang aman buat di gunakan untuk wajah.










Referensi
1. http://www.halalmuibali.or.id/?p=56
2. http://www.wardahbeauty.com/id
3.  http://mubhar.wordpress.com/2011/11/16/allah-menyukai-keindahan-kajian-hadis/


13 komentar:

  1. Good luck buat lombanya...
    sayang skincare wardah gak cocok buat aku --"
    cuman pake lipstick sama twc aja :)

    new follower nih,, mind to follow me back :D
    http://dkwp.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah di folback kakak cantik deeyah

      Hapus
  2. Wah sama , lulur wardah jg favoritku, gampang ngelupas kotorannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi kalo sampe berubah warna jadi item. Juara banget rasanya.

      Hapus
  3. Sama aku juga pake lulur wardah tapi yg stroberi
    Btw, selamat yah mbak menang wardah
    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rizka !!
      Yang strobeti juga enak, aku besok mau coba juga ahhh. Tahankiss anwy ^^

      Hapus
  4. What a great post! :)

    Anyway, you have such a lovely blog.
    I've been following you.
    Mind to follow me back? ^^

    Glad to know you.
    Thank you!
    Debby
    AMOUR DE MA VIE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Already follow you back darling.
      Thank you for drooping comment

      Hapus
  5. Sangat lengkap ulasan tentang aku dan kosmetik halal ini, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca. salam kenal dan sekiranya berkenan, berkunjung ke toko Cream Pemutih Wajah kami ya. Semoga kedepannya kita bisa bekerjasama. Thanks

    BalasHapus
  6. wah dapet ilmu baru nih, bener banget dan kadang aku juga suka bingung kosmetik apa yang wajib dibawa :3

    BalasHapus
  7. kalau aku suka pakai yang dipakai feby artis indonesia itu juga hehe :)

    BalasHapus
  8. iya jangan salah kalau pilih produk baca referensinya dulu :)

    BalasHapus
  9. wah bener tuh ada yg gak halal harus baca referensinya dulu :)

    BalasHapus