Kamis, 07 November 2013

My secret recipe

  4 comments    
categories: , , , , ,

Bonjur Belle

Kalo ngomongin kesehatan gue percaya semua orang punya rahasianya masing-masing. Kadang gue suka kepo instagram para artis ibukota, sebutlah Titi DJ, emak-emak dengan anak banyak yang masih seger kaya sayur baru di petik. Kadang gue juga ngepoin tante gue Nadya Hutagalung yang bodinya masih aduhai. Atau si kocak Agus Ringgo yang ngga ada capeknya. Mereka punya tips and trick nya sendiri untuk tetap sehat (dan cantik) tentunya. Since, gue bukan mereka, gue pun punya tips gue sendiri. So here is my tips ::


1. Secret recipe every morning

Bukan rahasia umum kalo muka gue itu oily-acne pore skin. Salah satu penyebab acne adalah asupan makanan yang serampangan. Semenjak kejadian breakout parah yang gue derita, sampe bikin gue malu ketemu mas gebetan gue memutuskan niat untuk makan-makanan sehat. Dan tips paling gampang yang sukses bikin jerawat gue kalem dan juga bikin gue fit terus di musim hujan-panas yang galau ini adalah campuran dari

340 ml air mineral
3 sendok makan air perasan jeruk nipis
1 sendok madu


Gue biasa minum resep ini pagi-pagi sebelum beraktifitas. Gue usahain untuk rutin, karena hidup sehat berawal dari kebiasaan yang sehat. Ini penjelasan singkat kenapa gue pilih bahan-bahan di atas sebagai ramuan mujarab gue.


 Air Mineral
Komponen utama penyusun tubuh kita adalah cairan. Itu kenapa kita dianjurkan minum air sebanyak 2 liter setiap hari untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktifitas. Penjelasan tentang manfaat air akan gue bahas di bagian paling bontot dari postingan ini.



Vitamin C
Cuaca yang galau kadang panas, kadang hujan bikin daya tahan tubuh gue amburadul. Belum lagi kecapean setelah perjalanan luar kota, turun gunung atau menjelajah pantai bikin badan gampang ngedrop. Yang lebih menjengkelkan kalo badan gue lagi ngedrop, muka gue ikut bermasalah, je-ra-wat tumbuh di mana-mana. Crap!.
Dulu andalan gue adalah tablet multivitamin 1000 mg yang di jual di pasaran. Gue rajin banget konsumsi itu, emang sih bikin badan gue stay fit. Tapi semua berubah ketika dosen gue ngasih tugas tentang vitamin, pas itu gue kebagian tentang vitamin C. Ternyata bila kelebihan mengkonsumsi vitamin C akibat penggunaan suplemen dalam waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan batu ginjal, sedangkan bila kelebihan vitamin C yang berasal dari buah-buahan umumnya tidak menimbulkan efek samping. Semenjak itu gue hijrah ke jeruk nipis. Selain murah dan mudah di dapat, rajin minum ramuan air mineral + perasan jeruk nipis + madu bikin tekstur muka gue jauh lebih baik.

Madu
Madu sudah di kenal dari jaman Cleopatra, konon dia juga rajin pake masker madu makanya kecantikan nya bisa melegenda sampai sekarang .Selain itu manfaat madu lainnya adalah sebagai sumber gula alami, sumber anti oksidan dan menambah stamina.


2. Ganjal Perut

Siapa di sini yang ngga doyan ngemil?  Ngga ada?. Wajar sih tahu bakso, tempe goreng, cimol, batagor, siomay, sampe rainbow cake emang enaknya kebangetan. Yang bikin makin parah, perut gue juga kadang suka ngga punya manner, baru juga sejam lalu makan berat udah melilit sambil meronta ronta kaya udah ngga di kasih makan 3 hari. Gue sadar cemilan (faovorit) yang gue sebutin di atas bakal berdampak ngga bagus buat kesehatan gue. Gue pun sadar kalo   hidup sehat dari sekarang adalah investasi gue buat (calon) suami, (calon) anak-anak gue dan masa tua gue sendiri.
Setelah searching sana sini, tanya sana sini akhirnya gue mencoba buat merubah menu ngemil gue ke menu yang lebih sehat. Gue coba oatmilk. As I know oatmilk berkhasiatnya dalam membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi. Yang paling penting NGGA BIKIN GENDUT.

Tapi masalah berikutnya muncul, gue bukan termasuk orang yang doyan makan oatmilk. Pertama bikin penampilannya jauh dari membangkitkan gairah makan, dan rasanya, jangan di tanya. Kayaknya lidah saya udah terlanjur setia pada rasa gurih MSG. Hikss. Puter otak, akhirnya gue menemukan campuran resep oatmilk yang menurut gue rasanya sangat bisa di toleransi untuk lidah (gue)


3 Sendok makan oatmilk
50 ml yougurt
50 ml air mineral
Buah potong (nah ini optional, kalo ngga ada juga ngga papa).

Semenjak lidah gue doyan makan oatmilk model begini, di meja kantor gue udah bersih dari jejak-jejak gorengan yang berminyak. Selain itu, cemilan baru gue ini simple, gampang di buat, bahannya gampang di simpen dan bikin perut gue awet kenyang.
spaming :: tampang gue belum mandi udah nyendok oatmilk

3. Masker

Secuek cueknya cewek, mau tomboy model gimana pasti demen maskeran. Dari bahan-bahan yang udah gue sebutkan di atas gue punya secret recipe andalan buat muka gue yang oily – acne pore

2 sendok makan air perasan lemon
2 sendok makan madu


Campur sampe rata kemudian aplikasikan di wajah selama 15 menit. Angkat dengan air hangat, dan lanjutkan dengan air dingin. Perasan lemon di sini berfungsi untuk mengurangi minyak, menyamarkan noda jerawat atapun noda hitam karena pengaruh buruk sinar UVA/UVB. Sedangkan madu, dia bakal member efek melembabkan wajah, membuat kulit kenyal dan juga memiliki zat atiseptik yang memmbantu mengurangi peradangan pada jerawat. Gue biasa pake masker ini 2x seminggu.


4. Minum air putih

Kalo kalian suka denger wawancara para artis entah itu papan atas atau papan pengilesan hampir semua nya selalu bilang minum air putih adalah resep rahasiannya. Karena bukan rahasia umum kalo air punya banyak banget manfaat untuk tubuh kita antara lain ::
1. Melarutkan makanan, vitamin dan mineral yang berguna dalam proses pencernaan dalam tubuh manusia.
2. Menjadi pelumas untuk sendi sehingga mencegah artritis dan nyeri punggung.
3. Membersihkan racun dari semua bagian tubuh kemudian membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang.
4. Dapat membantu mengurangi stres, rasa cemas, dan depresi yang sedang anda alami.
5. Menghaluskan kulit dan membantu mengurangi efek penuaan dengan mempercepat proses pergantian sel kulit.
6. Memberikan energi kepada otak dalam menjalankan fungsinya seperti berfikir.
7. Membantu mengencerkan darah serta mencegah penggumpalan darah ketika beredar ke seluruh bagian tubuh
8. Mencegah masalah impotensi karena dehidrasi dapat menghambat proses produksi hormon seks.
9. Bagi ibu hamil, air putih berguna untuk membantu mengurangi mual di pagi hari akibat kehamilan.
10.  Untuk menurunkan berat badan, minum lah air putih pada waktunya dan anda akan kehilangan berat tubuh tanpa diet berlebih. Air dapat memisahkan rasa haus dan lapar sehingga anda tidak sering ngemil.





Itu tadi  4 tips hidup sehat ala gue,
 jadi apa dong tips hidup sehat ala kamu ?




Lokasi: Bandung, West Java, Indonesia

4 komentar:

  1. makasih kakak atas resep rahasianya. Bisa di praktekkan nih. Secara bahan-bahannya mudah di dapat.

    BalasHapus
  2. say, madu buat maskernya pakai madu apa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pake mau nusantara Helen. Dulu sempet nyoba pake madurasa tapi ngga ngefek,
      Sebenernya kalo buat muka paling bagus manuka honey.
      Tapi nyarinya susah ampun ampun.

      Hapus